pengantar NDP

#pengantar tentang hasil pemahamanku mengenai latar belakang perumusan NDP

Nilai-nilai dasar perjuangan HMI sering dikenal dengan istilah NDP-HMI. NDP adalah salah satu materi yang terdapat dalam Latihan Kader I HMI. Namun dalam penyampaiannya, materi inilah yang selalu dirasa tidak tuntas sehingga jumlah kader yang mampu mengamalkan dan memahamimnya sangatlah sedikit. Padahal sebenarnya, materi NDP memiliki peran yang sangat vital dalam proses perjuangan HMI. Yaitu sebagai landasan dan kerangka berpikir kadernya. Terdapat banyak masalah yang menjadi alasan mengapa hal ini terjadi. Namun disini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai masalah-masalah tersebut.
Sebagai sebuah organisasi islam yang multi aliran, maka HMI haruslah memiliki dasar dan arah perjuangan yang tidak menyudutkan aliran manapun dalam islam. Oleh karena itulah, maka diperlukan sebuah rancangan dari dasar dan arah perjuangan yang menjadi dasar dan arah dari perjuangan semua aliran di islam. Nampaknya seperti itu pulalah salah satu tujuan dari perumusan NDP, yaitu untuk dapat mempersatukan perbedaan yang ada dari tiap aliran yang ada di islam dengan memunculkan persamaan dari semua aliran Islam. Meskipun sebenarnya, tujuannya perumusan NDP tidak hanya sebatas itu.
NDP pertama kali dirumuskan oleh cak Nur ( Nurcholis Majid) setelah perjalanannya dari timur tengah dan amerika. Dalam latar belakang perumusan NDP, cak Nur menjelaskan bahwa di timur tengah beliau menyaksikan berbagai konflik intern umat islam yang bahkan bersifat destruktif bagi keberlanjutan islam namun tetap dipertahankan. Diantara konflik yang beliau saksikan adalah konflik pertentangan antara kaum sunni dan syiah yang masih menjadi permasalahan di sana. Dari sini beliau kemudian menghubungkan konflik yang terjadi di indonesia setelah masa PKI yang cendrung di dominasi permasalahan intern antar umat islam. Secara garis besar, konflik intern umat islam yang terjadi diindonesia sama dengan konflik yang terjadi di timur tengah. Sehingga atas dasar inilah, kemudian beliau tergugah untuk merumuskan kesamaan dari semua aliran Islam dan kemudian mengemasnya kedalam sebuah materi yang ada didalam Latihan Kader I HMI. Sebenarnya terdapat satu lagi permasalahan yang ingin diselesaikan oleh cak Nur dan teman-temannya dengan merumuskan NDP ini, yaitu untuk menggabungkan pola pikir Islam tradisional dengan pandangan modern barat yang di anggap sebagian besar umat islam bertentangan. Untuk menyelesaikan masalah ini, Cak nur mencoba untuk menghilangkan simbolitas yang dilakukan oleh umat islam yang membuat islam menjadi sebuah agama simbol yang tidak memiliki nilai apapun. Padahal sebenarnya islam merupakan sebuah agama yang sarat nilai. Salah satu Nilai yang terdapat di Islam adalah menjadi motor dari perubahan dan hal inilah yang dimanfaatkan oleh cak Nur untuk menyatukan antara pandangan tradisional islam dan modern barat yang sering dianggap bertentangan tersebut. 

1 comment:

  1. William Hill Betting Locations | Mapyro
    Find William 메이피로출장마사지 Hill sports 바카라사이트 betting locations mens titanium wedding bands in Maryland, 한게임 포커 West Virginia, Indiana, Pennsylvania, South Dakota, West Virginia and replica retro jordans more. BetRivers.com.

    ReplyDelete