repository Ubuntu


Terdapat ribuan program Ubuntu yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengguna Ubuntu. Kebanyakan dari program-program ini disimpan dalam arsip perangkat lunak yang sering disebut sebagai repositori. Repositori membuat pengguna lebih mudah untuk menginstal perangkat lunak baru ke Ubuntu. Hanya diperlukan koneksi internet untuk melakukannya. Tingkat keamanan repositori sangatlah tinggi, karena setiap program yang tersedia di repositori telah benar-benar diuji dan dibangun khusus untuk setiap versi Ubuntu.
Repositori perangkat lunak Ubuntu dibagi menjadi empat bagian yang terpisah. Hal ini sesuai dengan tingkat dukungan yang ditawarkan oleh Ubuntu untuk memenuhi filosofi dari  open source Ubuntu software.
Adapun bagian-bagian dari repositori adalah sebagai berikut :
1. Main - Secara resmi didukung perangkat lunak.
2. Terbatas - software Didukung oleh program yang tidak tersedia di bawah lisensi gratis.
3. Universe - Komunitas pengembang software , yaitu perangkat lunak tidak secara resmi didukung oleh perusahaan software.
4. Multiverse - Software yang tidak gratis.
Installer CD Ubuntu hanya berisi software dari komponen "utama" dan "Dibatasi" dari repositori. Setelah itu, ketika perangkat terhubung dengan internet, maka komputer tersebut akan langsung didata tempatnya dan kemudian disediakan banyak software gratis yang tersedia dan tanpa batas dalam repository.

No comments:

Post a Comment