Ubuntu


Ubuntu (oǒ'boǒntoō) adalah kata kuno afrika yang berarti “kemanusiaan kepada orang lain”. Ini juga berarti “Aku adalah aku karena siapa kita semua”. Sistem operasi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia komputer.
Linux sudah ditetapkan sebagai platform server perusahaan pada tahun 2004. Tapi perangkat lunak bebas masih belum menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi kebanyakan pengguna komputer. Itulah mengapa Mark Shuttleworth mengumpulkan tim kecil pengembang dari salah satu proyek Linux paling mapan - Debian - dan berangkat untuk membuat desktop Linux mudah digunakan hingga akhirnya terciptalah Ubuntu. Visi Ubuntu adalah untuk visi sosial dan ekonomi yaitu: perangkat lunak bebas, tersedia secara gratis untuk semua orang dengan persyaratan yang sama, dan didanai melalui portofolio layanan yang disediakan oleh Canonical sehingga mampu dijadikan sebagai sarana berbagi dan memajukan perekonomian penggunanya.
terobosan baru tim Ubuntu dalam merilis progam dijadwalkan secara enam bulan berkelanjutan. Dan diputuskan bahwa setiap rilis keempat, yang dikeluarkan atas dasar dua tahun, akan menerima dukungan jangka panjang (LTS). Rilis LTS biasanya digunakan untuk skala penyebaran besar.
Ubuntu berbeda dengan persembahan Linux komersial yang mendahuluinya karena tidak membagi upaya antara versi berkualitas tinggi komersial dan gratis (versi komunitas). Tim komersial dan masyarakat bekerja sama untuk menghasilkan satu keluaran ubuntu yang berkualitas tinggi dan menerima pemeliharaan dalam jangka waktu yang ditetapkan. Kemudian rilis dan pembaruan yang sedang berlangsung secara bebas tersedia untuk semua pengguna.
Versi 4.10, dengan nama kode “Warty Warthog”, rilis resmi Ubuntu pertama diluncurkan pada Oktober 2004. Perkembangan ubuntu global cukup dramatis sejak awal. Hal ini terbukti setelah satu tahun rilis, Warty Warthog melihat pertumbuhan besar dalam komunitas Ubuntu yang berasal dari sebagian besar penggemar perangkat lunak bebas dan para ahli ahli yang bergabung dengannya.
Pemerintahan Ubuntu agak independen dari Canonical, dengan para pemimpin sukarelawan dari seluruh dunia, mereka mengambil tanggung jawab untuk banyak elemen penting dari proyek tersebut. Ini tetap menjadi prinsip utama dari Proyek Ubuntu bahwa Ubuntu adalah karya bersama antara Canonical, perusahaan lain, dan ribuan relawan yang membawa keahlian mereka untuk menanggung pembuatan platform kelas dunia untuk digunakan seluruh dunia.
Versi pertama Ubuntu didasarkan pada desktop GNOME. Hingga kemudian dikuti dengan penambahan edisi KDE, Kubuntu, dan edisi server. Semua edisi infrastruktur Ubuntu yang dibagikan ke umum beserta perangkat lunaknya, membuat Ubuntu platform cukup unik pada skala elektronik konsumen untuk desktop dan masuk ke awan untuk komputasi perusahaan. Pengembang dapat bekerja pada desktop pilihan mereka dan memberikan kode dengan mudah ke server awan  untukmenjalankan Edition stripped-down Ubuntu Server.
Dalam beberapa tahun terakhir, penekanan khusus telah ditempatkan pada netbook, komputasi terhubung, ponsel dan di atas perusahaan sebagai arsitektur baru untuk pusat data. Ubuntu adalah pelopor dalam kedua bidang, dengan Ubuntu Netbook Edition dan Ubuntu Enterprise Cloud, ubuntu menetapkan standar untuk kemudahan deployment dan manajemen. Ubuntu sendiri sangat populer di Amazon EC2 dan Rackspace Cloud, dan pra-instal pada komputer dari Dell, Lenovo dan vendor global lainnya. Ubuntu masih dan akan selalu bebas untuk menggunakan, berbagi dan mengembangkan. Kami berharap itu akan membawa sentuhan cahaya untuk komputasi Anda - dan kami berharap bahwa Anda akan bergabung dengan kami dalam membantu membangun versi berikutnya juga.

Tuluisan lain tentang Ubuntu :
repository ubuntu

No comments:

Post a Comment