Apa itu ubuntu?

Ubuntu (/ ʊbʊntu ː / uu-BUUN-terlalu) adalah sistem operasi komputer yang berasaskan distribusi Linux Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas serta sumber terbuka (open source), yang digunakan pada lingkungan desktop. Nama ini diambil dari filsafat Afrika Selatan ubuntu ("kemanusiaan terhadap orang lain") atau dalam arti lain: "kepercayaan dalam ikatan universal untuk saling berbagi yang menghubungkan seluruh umat manusia".
Pengembangan Ubuntu dipimpin oleh Canonical, Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Canonical menghasilkan pendapatan melalui penjualan dukungan teknis dan layanan yang terkait dengan Ubuntu.
gambar screenshoot tampilan ubuntuku

  
Ubuntu terdiri dari banyak paket perangkat lunak, yang sebagian besar didistribusikan di bawah lisensi perangkat lunak bebas. Lisensi utama yang digunakan adalah GNU General Public License (GNU GPL) yang, bersama dengan Lisensi GNU Lesser General Public (GNU LGPL), yang secara eksplisit menyatakan bahwa pengguna bebas untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah, mengembangkan dan meningkatkan software. Di sisi lain, ada juga perangkat lunak berpemilik yang tersedia yang dapat berjalan di Ubuntu.

Ubuntu Desktop termasuk lingkungan desktop grafis. Dalam versi sebelum 11.04 default GUI adalah GNOME Panel. Tetapi kemudian ditinggalkan dan kemudian dirubah menjadi sebuah penggabungan dari semua dengan antarmuka grafis Canonical pertama kali dikembangkan untuk Netbook Edition Ubuntu .

Ubuntu terinstal dengan berbagai perangkat lunak yang mencakup LibreOffice, Firefox, Thunderbird, Empathy, Transmisi, dan permainan ringan beberapa (seperti Sudoku dan catur). Software tambahan yang tidak terinstal secara default (termasuk perangkat lunak yang digunakan untuk berada dalam instalasi default seperti Evolution, GIMP, Pidgin, dan Synaptic) dapat didownload dan diinstal dengan menggunakan Ubuntu Software Center  atau apt-manajemen berbasis paket alat. Program di Software Center kebanyakan gratis, tetapi terdapat juga beberapa aplikasi yang dijual, sedangkan yang terdapat didalam software center ini termasuk aplikasi dan majalah. Di tiap produknya, Ubuntu memberi syarat yang bevariasi. Untuk produk desktop utama Ubuntu, Dokumentasi Ubuntu resmi merekomendasikan 1 GHz Pentium 4 dengan 1 gigabyte RAM dan 5 gigabyte space hard drive, atau lebih baik. Sedangkan untuk komputer kurang kuat, ada distribusi Ubuntu lainnya seperti Lubuntu dan Xubuntu.

No comments:

Post a Comment